Suap … Oh Suap

27 Oct 2015

Tulisan ini dimuat di rubrik Mimbar Kita Harian Amanah, tanggal 24 Oktober 2015. Di-posting di sini sebagai dokumentasi

Kalau ada petinggi negara yang ditangkap karena kasus suap, spontan banyak yang menghujat. Karena bagi rakyat kebanyakan, amat tak pantas orang yang bekerja untuk kesejahteraan masyarakat justru mencari keuntungan pribadi.

 

Namun perbuatan suap bukan hanya menyangkut uang dalam jumlah besar. Definisi suap atau sogok adalah memberikan atau menjanjikan sesuatu kepada petugas (pegawai), dengan harapan mendapatkan kemudahan dalam suatu urusan.

 

Pada brosur yang dikeluarkan lembaga “Saya, Perempuan Anti Korupsi” disebutkan contoh-contohnya: (1) Menyogok bagian perizinan Dinas Kesehatan agar izin praktik dokter/poliklinik segera keluar. (2) Menyelipkan uang di dalam map dokumen (misalnya KTP atau paspor) yang sedang diurus karena malas mengantri. (3) Memberikan uang kepada kepala sekolah atau guru supaya anaknya diterima di sekolah favorit. (4) Memberikan uang kepada petugas rumah sakit agar mendapatkan kamar yang diinginkan di saat rumah sakit menyatakan kamar untuk rawat inap penuh.

 

Dalam UU Tindak Pidana Korupsi di negara kita, ada ancaman hukuman bagi pelaku dan penerima suap. Bahkan jauh sebelum adanya undang-undang itu, Islam amat mengutuk suap. Tidak peduli besar atau kecilnya imbalan yang diberikan karena sama-sama dilaknat.

 

Mari kita tinjau Q. S. Al-Baqarah : 188: “Dan janganlah sebahagian kamu memakan harta sebahagian lain di antara kamu dengan jalan yang batil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebagian daripada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui”.

 

Lalu hadits berikut: dari Ibnu Umar r.a., ia berkata : “Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam melaknat yang memberi suap dan yang menerima suap.” (HR At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Hakim, dan Ahmad 2/164,190).


TAGS


-

Author

Mom Blogger | Penulis Freelance | Menyukai kompetisi menulis | Kontributor pada 4 blog pribadi dan beberapa website | Senang tantangan mengirimkan tulisan ke media cetak dan berkompetisi menulis

Search

Recent Post