Sampah, Persoalan Kita Semua

29 Jan 2016

Tulisan ini dimuat di rubrik Mimbar Kita Harian Amanah, 28 Januari 2016. Saya tayangkan di sini untuk dokumentasi pribadi

Kota Makassar meraih Adipura pada bulan November tahun lalu, tentunya merupakan prestasi membanggakan yang patut disyukuri. Namun tentunya tidak berhenti sampai di situ saja. Masih banyak yang harus dibenahi, terutama dalam hal perilaku warga masyarakat dalam menjaga kebersihan.

Di kota ini masih biasa terlihat orang membuang sampah di sembarang tempat. Bahkan di area yang ada tempat sampahnya pun, masih ada juga orang yang membuang sampah di sekitar tempat sampah, bukan di dalamnya.

Pada bulan Januari 2014 saja produksi sampah kota ini sudah 600 juta ton. Februari 2014 menjadi 800 juta ton. Volume sampah terus meningkat. Penduduk kota metropolitan ini sudah mencapai 1,7 juta jiwa dan di siang hari bisa mencapai 2 juta orang. Kira-kira seperti apa produksi sampah kota nanti bila kesadaran masyarakat masih begitu-begitu saja?

Usaha pemerintah kota menangani sampah sejak tahun 2014 memang meningkat namun takkan sebanding dengan masih kurangnya kesadaran masyarakat. Sebagai muslim, kita tentunya paham bahwa orang Islam harus menjaga kebersihan. Jika anak-anak atau adik/keponakan kita ditanya gurunya, “Di mana orang seharusnya membuang sampahnya?” Kita pun pasti tahu jawabannya adalah “tempat sampah”.

Namun nyatanya tak semua dari kita mempraktikkannya di tempat umum. Apapun bisa menjadi tempat sampah. Entah itu selokan atau jalan raya. Sedihnya, perilaku itu bakal terwariskan pada anak kita. Saya pernah melihat seorang ibu membuang sampahnya di pekarangan di sebuah tempat umum dan anaknya menendang-nendangi sampahnya. Buah jatuh tak jauh dari pohonnya, kan?

Yuk, sama-sama benahi diri. Kalau kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan masih dilakukan, kapan kota kita akan benar-benar bebas dari sampah? Ataukah sanksi hukum berupa denda atau kurungan benar-benar harus ditegakkan bagi setiap pelaku buang sampah sembarangan?


TAGS Sampah. perilaku masyarakat


-

Author

Mom Blogger | Penulis Freelance | Menyukai kompetisi menulis | Kontributor pada 4 blog pribadi dan beberapa website | Senang tantangan mengirimkan tulisan ke media cetak dan berkompetisi menulis

Search

Recent Post